5 Pemain Bulutangkis Terbaik Sepanjang Masa

1. Lin Dan



Lin Dan merupakan atlet bulutangkis kelahiran 14 Oktober 1983 di Longyan, Fujian, China dan mendapat julukan “Super Dan” oleh Peter Gade. Ia berhasil memenangkan Olimpiade dua kali, juara All England lima kali, juara dunia lima kali. Ia juga dianggap sebagai atlet bulutangkis pria terbaik sepanjang sejarah. Lin Dan menjuarai sembilan gelar utama dalam dunia bulutangkis dan menyelesaikan “Super Grand Slam” di usianya yang masih terbilang muda, 28 tahun.


2. Taufik Hidayat



Taufik Hidayat adalah pemain bulutangkis yang memulai karir profesionalnya pada usia 15 tahun dan berhasil menjadi nomor 1 ketika berusia 17 tahun. Dirinya berprestasi lebih awal dibanding Lindan atau Lee Chong Wei. Walau seumuran, Taufik berada dalam generasi yang berbeda dari saingannya tersebut.

Permainan yang sangat memukau seperti backhand keras dan tepat, permainan net yang indah dan sulit ditaklukan lawan, smash keras dan silang serta drop shot apik ditambah mental juara membuat Taufik Hidayat berhasil meraih emas 6 kali berturut-turut dalam Indonesia Open dari tahun 1999 sampai 2006. Ia juga berhasil meraih piala emas pada Olimpiade 2004 dan Word Championships 2005 serta dua kali mendapat emas dalam ajang Asian Games 2002 dan 2006.
Selain dijuluki sebagai Most Talented Player of All Time, Taufik juga merupakan pemain paling sabar dan mendapat julukan “Mr. Backhand”.


3. Lee Chong Wei



Lee Chong Wei merupakan atlet bulutangkis asal Malaysia yang lahir pada 21 Oktober 1982 di Bagan Serai, Perak, Malaysia. Prestasinya tidak sehebat Taufik Hidayat, Lee Chong Wei hanya berhasil meraih medali perak pada Olimpiade 2008 dan 2012 namun ia berhasil menjadi atlet Malaysia pertama yang bertanding di final tunggal putra pada Olimpiade bulutangkis.


4. Tony Gunawan



Atlet bulutangkis asal Indonesia Tony Gunawan dianggap sebagai salah satu atlet ganda terbaik dalam sejarah bulutangkis oleh banyak orang. Tony Gunawan mewakili Indonesia pada tahun 1992 sampai 2001 dan sekarang menjadi pelatih bulutangkis di Amerika Serikat sejak tahun 2001.

Dengan 3 partner yang berbeda, ia meraih medali emas pada Olimpiade Sydney tahun 2000 dan World Champioship 2001 Seville. Selain itu ia juga memenangkan Kejuaraan Dunia Anaheim pada tahun 2005.


5. Rudy Hartono



Rudy Hartono Kurniawan merupakan mantan atlet bulutangkis terbaik Indonesia yang lahir pada tanggal 18 Agustus 1949. Ia dianggap sebagai salah satu atlet bulutangkis terbaik sepanjang masa. Dia berhasil menjuarai pertandingan bergengsi All England Championship sebanyak 7 kali berturut-turut dari tahun 1968 hingga 1974.
Previous
Next Post »