Pengertian Dan Peraturan Polo Air

Pengertian :

Polo Air adalah permainan bola yang dilakukan di dalam air dengan menggunakan tangan dan kaki. Permainan ini hampir sama dengan permainan bola tangan, hanya saja permainan ini dilakukan di dalam air. Permainan polo air dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas 7 orang. Tujuan utama dari permainan polo air adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam gawang lawan.

Polo air adalah olahraga air beregu, yang dapat diang-gap sebagai kombinasi renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Satu tim terdiri dari enam pemain dan satu kiper. Tujuan permainan menyerupai sepak bola, yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin.

Peraturan :
a.) Ukuran Kolam Polo Air

Ukuran kolam renang yang digunakan untuk permainan polo air adalah 30 × 20 meter.




b.) Ukuran Gawang Polo Air

Tinggi gawang pada polo air diukur dari atas rata-rata air adalah 90 cm.



c.) Jumlah Pemain Polo Air

Setiap regu terdiri dari 7 orang pemain dengan 4 orang pemain cadangan.
Pemain tidak boleh melapisi badannya dengan minyak.
Setiap pemain harus memakai topi yang mempunyai nomor 1-14. Nomor 1 dan 14 (untuk penjaga gawang) dan nomor 2-13 (untuk pemain lapangan). Besarnya ukuran topi 10 cm pada bagian depan dan bagian belakang berwarna biru atau merah.

d.) Waktu Pergantian Gawang Pola Air

Permainan berlangsung selama 20 menit bersih yang dibagi menjadi 4 babak. Setiap babak 5 menit, dengan istirahat antar babak 2 menit. Pergantian gawang dari regu dilakukan setiap pergantian babak.
Previous
Next Post »