Teknik Dasar Tenis Meja

1. Teknik Memegang Bet atau Grip



Grip atau memegang bet adalah salahsatu teknik dasar tenis meja yang wajib diketahui, karena dengan pegangan yang benar dapat memudahkan kalian dalam bermain sehingga jika terjadi kesalahan atau kebiasaan saat memegang bet akan sulit untuk dirubah.

2. Sikap Dasar



Teknik dasar tenis meja yang kedua adalah sikap dasar, seperti posisi kaki, posisi badan, dan posisi tangan ketika siap untuk menerima bola. Untuk menguasai teknik diatas tak lepas dari latihan, latihan dan latihan serta membiasakan diri dalam posisi tersebut ketika bermain.


3. Teknik Gerakan Kaki (Footwork)






Teknik selanjutnya dalam tenis meja adalah teknik gerakan kaki, seperti kita ketahui bahwa untuk bermain tenis meja tidak lah cukup dengan mengandalkan pukulan saja, namun kecepatan pergerakan kaki harus lebih di optimalkan. Jenis teknik dalam tenis meja pada garis besar nya dibedakan untuk nomor tunggal & nomer ganda. Footwork yg dimanfaatkan dalam permainan tunggal telah otomatis dipakai dalam permainan ganda.


4. Teknik Pukulan Atau Stroke



Pukulan Forehand
Pukulan forehand dilakukan ketika bola berada di sebelah kanan badan. Cara melakukan pukulan forehand adalah dengan merendahkan posisi badan, lalu gerakkan tangan yg memegang bet ke arah pinggang. Usahakan posisi siku kalian membentuk segi kira-kira 90 derajat. selanjutnya gerakanlah tangan kedepan tanpa mengganti sudut siku

Pukulan Backhand
Pukulan backhand dilakukan ketika bola berada di sebelah kiri tubuh. Cara melakukannya adalah:
- Rendahkan posisi badan, selnjutnya gerakkan tangan ke arah pinggang sebelah kiri. Posisi siku 90 derajat.
- Gerakkanlah tangan dan bet ke arah depan, jaga siku supaya tetap dalam 90 derajat dan bet tetap lurus.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar